‘Hevina’ Bus Listrik Buatan LIPI

bus listrik lipi di indonesiaproud wordpress com

Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) berawal saat bangsa Indonesia berhasil melaksanakan uji terbang pertama pesawat Gatotkaca N-250.

Pada tahun ini, pembukaan peringatan Harteknas ke-17 diramaikan dengan Fun Drive Mobil Listrik Nasional. Hal ini sejalan dengan tekad pemerintah untuk mewujudkan produksi kendaraan irit bahan bakar bertenaga listrik.

Bus listrik yang dibuat Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika LIPI ini mampu membawa 15 orang penumpang. Kecepatan maksimal mencapai 100km/ jam.

Abdul Hapid dari Pusat Penelitian Listrik dan Mekatronika LIPI mengatakan bahwa bus listrik ini mampu menyempurnakan kelemahan yang terdapat pada mobil atau bus konvensional.

Bus listrik yang diberi nama Hevina (Hybrid Electric Vehicle Indonesia) ini mampu berjalan sejauh 150 km dengan sekali pengisian 500 ampere. Mobil listrik ini menggunakan baterai Lithium LifeP04.

Saat kapasitas baterai tinggal 20 persen, akan ada peringatan sehingga baterai tidak benar-benar habis. Waktu yang dibutuhkan untuk charge atau pengisian adalah 4 jam.

Dibanding bus atau mobil konvensional, bus listrik memiliki kelebihan sebab mampu menghemat biaya operasional hingga 50 persen. Selain itu, bus ini juga dapat menurunkan biaya perawatan hingga 70 persen.

“Perawatannya juga 70 persen lebih hemat dari yang konvensional. Bus ini tidak memakai oli, dan banyak komponen pada mobil konvensional yang dihilangkan,” papar Abdul.

Abdul mengatakan, bus listrik ini bisa dikembangkan sebagai angkutan kota, angkutan karyawan, dan lainnya. Ke depan, LIPI masih akan mengembangkan bus yang lebih besar, juga city car.

bus listrik lipi di indonesiaproud wordpress com

Mobil listrik berbentuk bus ini akan membawa rombongan Menristek dan rombongan wartawan pada hari ini (26/6) . Rute yang dpilih, yakni dari Gedung BPPT menuju Monas, dan kembali ke BPPT.

Peringatan Harteknas ke-17 dimulai dengan peresmian Pusat Informasi Harteknas ke-17. Menristek, Gusti Muhammad Hatta akan membuka peringatan Harteknas secara resmi di Lobi Gedung II BPPT, Jakarta.

Puncak acara akan dipusatkan di Bandung, Jawa Barat pada 8 hingga 10 Agustus 2012. Kegiatan peringatan Harteknas akan meramaikan Bandung,  antara lain Pameran Ritech Expo di Sabuga, Triple Helix Conference di Hotel Grand Royal Panghegar, dan Karnaval Iptek.

Acara puncak akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang rencananya digelar di Gedung Merdeka, Bandung dengan tema “Inovasi untuk Kemandirian Bangsa”.

Sumber (vivanews.com, kompas.com, Indonesiaproud)

Iklan

7 Responses to ‘Hevina’ Bus Listrik Buatan LIPI

  1. jaka berkata:

    wahhh canggih gan,, jadi ikut berbangga gan,, 🙂

  2. nadiaananda berkata:

    hohoho.. Saat Buka Laptop langsung dah baca artikel yang sangat akurat sekali.. 🙂

  3. Eva berkata:

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  4. jtxmisc berkata:

    is good artikel Thank you so much , Abbott

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: